Sekarang ini, banyak sekali orang-orang yang menggeluti usaha kecil untuk menambah penghasilan.
Sayangnya, banyak pula pelaku usaha yang kurang menyadari akan pentingnya mengatur keuangan dengan bantuan laporan keuangan, terutama dalam menjalankan usaha kecil.
Terkadang, mereka masih sering mencampur aduk transaksi keuangan pribadi dan keuangan usaha.
Hal ini merupakan kesalahan fatal yang sering terjadi dan menyebabkan keuangan usaha sulit dikembangkan.
Strategi dalam mengatur keuangan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya menjaga kestabilan dan mengembangkan usaha kecil ke arah yang lebih baik.
Berikut adalah cara mengatur atau mengelola keuangan usaha dagang kecil:
Pertimbangkan Bentuk Bisnis
Saat awal membuka bisnis, mungkin hanya dalam bentuk pendiri tunggal atau partnership dengan seorang rekan.
Saat bisnis mulai bertumbuh dan menghasilkan keuntungan, pertimbangkan untuk membuat usaha Anda memiliki badan hukum.
Memiliki badan hukum akan memudahkan Anda dalam membuka rekening bank, menghemat uang melalui perlindungan pajak dan dari risiko finasial lainnnya.
Lakukan Perencanaan General
Bagi Anda yang baru terjun dalam usaha kecil, mulailah dengan perencanaan general untuk usaha.
Apa saja program dan rencana usaha dalam satu periode panjang, kemudian bagilah perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, atau bahkan mingguan.
Lakukanlah perhitungan secara detail mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan program tersebut. Tentukan pula kapan program tersebut dijalankan.
Buat Perencanaan Pendapatan
Cara kedua yang perlu Anda lakukan adalah membuat rencana pendapatan.
Perkiraan pendapatan ini harus mampu memenuhi kebutuhan modal yang sudah direncanakan di awal tadi.
Mulailah dengan bagaimana rencana usaha Anda dapat mendatangkan pendapatan.
Mulai dari beberapa produk yang akan dijual, berapa target penjualan, strategi apa yang digunakan untuk mencapai target penjualan, hingga memastikan setiap penjualan yang dihasilkan menghasilkan keuntungan.
Pisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Perusahaan
Memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnisadalah suatu hal wajib jika ingin bisnis Anda bebadan hukum.
Pemisahan rekening akan membantu keuangan Anda tetap teratur, memudahkan perhitungan pajak dan membantu Anda melacak catatan keuangan secara lebih akurat, dan hal ini juga akan bermanfaat saat Anda ingin melakukan valuasi nilai bisnis Anda.
Buat Budget Secara Rutin
Hal ini merupakan bagian terpenting dari cara mengatur keuangan usaha, yaitu dengan membuat budgeting. Budgeting akan bekerja sebagai batasan untuk menilai kinerja dan efisiensi usaha.
Dengan menyusun budgeting, Anda akan membuat pembatas untuk membantu membatasi pengeluaran sesuai koridor yang sudah ditentukan dan estimasi sebelumnya.
Setelah Anda menyusun anggaran untuk periode ini, lakukan budgeting secara berkesinambungan. Sesuaikan setiap budget dengan kondisi dari periode bersangkutan.
Gunakan pula review dari budgeting untuk usaha kecil dari periode sebelumnya agar Anda memiliki gambaran yang lebih baik dari sebelumnya.
sumber: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-5-cara-mengatur-keuangan-untuk-usaha-kecil/